Info Berita dan Pemasangan Iklan

Info Berita dan Pemasangan Iklan Hubungi : 0812 7296 12 11 (WA) Instagram : beritasumsel_com (DM)

Banjir jadi Berkah bagi Warga Sekayu



Warga Sekayu mencari ikan di tengah musibah banjir. Foto : Apandi

BERITA-SUMSEL.COM, MUBA --- Bagi sebagian besar masyarakat, bencana banjir merupakan musibah dan membawa dampak buruk bagi lahan pertanian, namun di sekayu, kecamatan yang merupakan ibu kota Kabupaten Musi Banyuasin, bencana banjir ini membawa berkah tersendiri bagi warganya.


Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan merupakan salah satu kabupaten yang menjadi langganan banjir, baik disebabkan musim penghujan, maupun meluapnya air sungai musi. Kini warga sudah terbiasa dengan bencana banjir yang datang karena luapan sungai musi, oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin saat ini menggalakkan pengembangan wisata air di Sekayu sebagai daya tarik meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Banjir yang disebabkan luapan sungai musi memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sebagai tempat wisata, karena beberapa negara luar memanfaatkan potensi sungai yang mereka miliki sebagai objek wisata andalan yang dikelola secara profesional dengan didukung fasilitas yang memadai.

Warga Sekayu mendapatkan tangkapan ikan lambak yang banyak di musim banjir. Foto : Apandi
Banjir yang datang setiap tahun menurut Nirwana, salah seorang warga Sekayu, membawa berkah tersendiri meskipun sebagian besar warga bermata pencaharian sebagai petani atau berkebun, namun masa tanam dilakukan warga jika sudah mulai memasuki musim panas. Ditambahkan Jamahir, warga Sekayu lainnya, jika sudah pada musim penghujan atau banjir datang biasanya warga beralih profesi menjadi nelayan, karena hasil tangkapan ikan menjadi berlimpah ruah. Hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi warga Muba.

Untuk kecamatan yang rawan banjir di Kabupaten Muba antara lain Kecamatan Sanga Desa, Kecamatan Sekayu, Kecamatan Babat Toman, Kecamatan Lawang Wetan, dan Kecamatan Lais.

(Muz/Arieka)

Tidak ada komentar