Info Berita dan Pemasangan Iklan

Info Berita dan Pemasangan Iklan Hubungi : 0812 7296 12 11 (WA) Instagram : beritasumsel_com (DM)

Pasien BPJS berhak mendapatkan ruang rawat yang sesuai


BERITA-SUMSEL.COM, Palembang - Pasien bpjs berhak mendapatkan ruang rawat yang sesuai dengan kartu yang dimilikinya. Bahkan bila ruang rawatnya penuh maka, pasien itu berhak mendapatkan perawatan di kelas perawatan satu tingkat lebih tinggi.

Banyak kasus yang terjadi pada masyarakat khususnya para pengguna kartu BPJS ketika ingin berobat dan kedapatan ruang rawat atau kamar di suatu rumah sakit penuh. Dijelaskan Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan Kantor BPJS Palembang Novia Rosita “ Semua prosedur dalam BPJS kesehatan diatur dalam Keputusan Presiden dan Menteri Kesehatan”. Khusus mengenai pindah kelas rawat inap ini, diatur dalam Permenkes no.28 tahun 2014 pada bab iv tentang pelayanan kesehatan poin e.  Dimana ruang rawat inap telah menjadi hak penuh para pasien BPJS. Apabila ruang rawatnya penuh maka pasien diperbolehkan mendapatkan perawatan di kelas perawatan satu tingkat lebih tinggi dalam waktu maksimal 3 hari saja. Setelahnya akan dikembalikan ke ruang perawatan yang telah menjadi hak peserta.


Beda halnya bila pasien BPJS memutuskan sendiri untuk pindah kelas perawatan, baik itu naik maupun turun maka pasien harus memberikan surat pernyataan tertulis dan menyetujui selisih biaya menjadi tanggung jawab pasien. 

(alt)

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan Kantor BPJS Palembang Novia Rosita

Tidak ada komentar