Info Berita dan Pemasangan Iklan

Info Berita dan Pemasangan Iklan Hubungi : 0812 7296 12 11 (WA) Instagram : beritasumsel_com (DM)

Jangan lupa bayar zakat fitrah ya!



BERITA-SUMSEL.COM, Palembang - Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap muslim baik kaya atau miskin, laki-laki dan perempuan, tua dan muda, merdeka atau hamba, untuk mengeluarkan  sebagian makanan pokok menurut syari’at agama Islam setelah mengerjakan puasa bulan Ramadhan pada setiap tahun.

Ukuran zakat fitrah adalah satu gantang (sha’) untuk setiap muzakki atau sekira 2,5 kilogram. Hal ini sebagaimana hadits nabi yang disampaikan oleh oleh Ibnu Umar ra : “ Nabi SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum kepada kaum muslimin, laki-laki dan wanitanya, yang merdeka dan budak, anak kecil dan dewasa” (HR. Bukhari dan Muslim)

Pendapat mayoritas ulama zakat fitrah ini tidak diwajibkan bagi orang yang tidak mampu, selain itu hamba sahaya dan anak kecil yang ditanggung nafkahnya, maka zakat fitrahnya wajib dibayarkan oleh orang yang bertanggung jawab menafkahinya. Demikian pula anak kecil yang dilahirkan meskipun beberapa menit sebelum sholat Idul Fitri, wajib untuk dibayarkan zakat fitrah oleh ayahnya.


Zakat fitrah ini dapat kita bayarkan langsung  kepada yang berhak menerimanya, atau  dapat melalui Panitia Amil Zakat yang biasanya dibentuk oleh Pengurus Masjid di dekat rumah kita. Beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri panitia ini sudah menerima zakat fitrah, dan akan disalurkan pada hari terakhir pada bulan Ramadhan. (*)

Tidak ada komentar