Info Berita dan Pemasangan Iklan

Info Berita dan Pemasangan Iklan Hubungi : 0812 7296 12 11 (WA) Instagram : beritasumsel_com (DM)

Ian Kurniawan, Penemu Teknologi Pengolahan Air Limbah menggunakan Hibrid Membran Raih Gelar Doktor Lingkungan ke-72 Unsri

Promovendus Ian Kurniawan saat memaparkan disertasi hasil penelitiannya di depan penguji pada Sidang Terbuka Promosi Doktor Lingkungan di Universitas Sriwijaya (2/11/2017)
BERITA-SUMSEL.COM, Palembang - Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya kembali meluluskan satu orang lulusan Program Doktor atau Strata-3 Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan dengan Promovendus Ian Kurniawan. Pada Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan itu, Ian Kurniawan mempresentasikan disertasi hasil penelitiannya yang berjudul Sistem Pengolahan Antibiotik dalam Air Limbah Rumah Sakit menggunakan Proses Hibrid Membran (Nanofilter-Reverse Osmosis)

Adapun para penguji pada sidang terbuka tersebut ialah Prof Ir. Abdullah, M.S., Ph.D, Prof Dr. Hilda Zulkifli, M.Si., DEA, Prof Dr H Chairil Anwar, DAPE.,Ph.D, Prof Dr Ir Sriati, M.S., Dr. Ir. H Muhammad Faizal, DEA, dan Dr Salni, M.Si dengan Promotor Prof Ir Subriyer Nasir, MS., Ph.D serta Co Promotor Prof Hermansyah, Ssi, M.Si, Ph.D dan Dr.rer.nat Mardiyanto, M.Si.,Apt.

Menurut Promovendus Ian Kurniawan, pada penelitiannya itu ia berhasil menemukan suatu teknologi ramah lingkungan melalui sistem pengolahan air limbah menggunakan proses hibrid membran yang mampu mengurangi komponen pencemar antibiotik sebelum dirilis ke lingkungan.

Sementara itu Promotor Prof Ir Subriyer Nasir yang juga Dekan Fakultas Teknik Unsri mengatakan Ian merupakan lulusan pertama yang meneliti masalah limbah rumah sakit. Ia sangat yakin temuan ini akan menjadi kontribusi yang positif bagi masyarakat luas.

Di lain pihak, Wakil Rektor I Prof Zainudin Nawawi sangat bangga pada Ian Kurniawan karena dapat menyelesaikan pendidikan S-3 dengan tepat waktu yakni selama 3 tahun 5 bulan.

Pada Sidang Terbuka ini promovendus Ian Kurniawan dinyatalan lulus sebagai Doktor Lingkungan Ke-72 Universitas Sriwijaya dengan mendapatkan nilai 89,9 dan IPK 3,9 dan menyandang predikat dengan pujian. (BS-1)



Tidak ada komentar