Info Berita dan Pemasangan Iklan

Info Berita dan Pemasangan Iklan Hubungi : 0812 7296 12 11 (WA) Instagram : beritasumsel_com (DM)

MOJO, era baru Jurnalistik Televisi



BERITA-SUMSEL.COM, Palembang - Era milenial seperti saat ini kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Tentunya dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat, kita juga harus bisa beradaptasi segera. Seperti halnya dunia jurnalistik televisi dan sejenisnya, saat ini jurnalis televisi bahkan sudah bisa memanfaatkan sebuah smartphone miliknya untuk melakuan reportase. Padahal dulu, jurnalis televisi cukup direpotkan dengan sejumlah peralatan yang harus dibawa saat bekerja meliput berita dan dengan ukuran yang  besar pula.

Pemanfaatan smartphone atau akrab disebut "Mobile Journalism" dan disingkat MOJO untuk peliputan berita televisi dewasa ini mulai sering dilakukan para jurnalis televisi di tanah air. Tak hanya mengambil visual video berita di lapangan, proses dubbing, editing sudah dapat dilakukan melalui sejumah aplikasi di smartphone. Bahkan dengan hanya bermodalkan smartphone tersebut, kini para jurnalis televisi itu sudah dapat reportase langsung dan ditayangkan LIVE oleh stasiun televisi.

Di Palembang sendiri, sejumlah jurnalis televisi lokal mulai membentuk komunitas MOJO Palembang sebagai wahana komunikasi sesama jurnalis televisi yang memanfaatkan smartphone untuk meliput berita. Aan Muzhar dari TVRI Sumsel, Bambang dari Inews TV, serta Amriza dari Kompas TV mulai menginisiasi komunitas ini. Tak disangka, respon teman-teman sesama jurnalis cukup baik dan ikut gabung di komunitas ini, bahkan kalangan non jurnalis salah satunya Mardiansyah dari Balai Diklat Keagaman (BDK) Palembang juga gabung di Komunitas MOJO Palembang.


Mic MOJO clip on, Solusi bagi "Mobile Journalis"

Namun, ada satu permasalahan yang acapkali dirasakan oleh jurnalis televisi saat melakukan MOJO yakni kurang baiknya kualitas audio saat mewawancarai narasumber melalui handphone. Hal ini cukup beralasan karena hanya mengandalkan mic dari smartphone, sehingga tak hanya suara narsum yang terekam namun juga suara sekitarnya.

Namun komunitas MOJO Palembang menemukan solusinya yakni dengan menggunakan mic MOJO clip on. Dengan menggunakan mic MOJO ini kualitas suara yang direkam melalui smartphone akan lebih bagus kualitasnya dan lebih jernih tanpa gangguan suara sekitar narsum.

Mic MOJO ini tak hanya dapat digunakan oleh MOJO tapi juga oleh para youtuber dan juga penggiat medsos yang biasa meng-upload video mereka di dunia maya. Tentu saja kualitas audio rekaman akan lebih bagus dan membuat hasil video menjadi lebih keren. (Alt)

Tidak ada komentar