Info Berita dan Pemasangan Iklan

Info Berita dan Pemasangan Iklan Hubungi : 0812 7296 12 11 (WA) Instagram : beritasumsel_com (DM)

TVRI gelar Workshop MOJO perdana di Yogyakarta

BERITA-SUMSEL.COM, Yogyakarta - Saat ini dunia jurnalistik berkembang begitu pesat dan mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu jurnalis dituntut cepat dalam meliput serta menyajikan berita kepada khalayak.

Diperlukan suatu perubahan dalam peliputan berita dengan MOJO atau mobile Journalism untuk mengikuti tantangan zaman. Esensi MOJO saat ini juga mulai diterapkan di lembaga penyiaran publik atau LPP TVRI.

Untuk mempersiapkan SDM yang siap mengemban tugas MOJO tersebut. TVRI melalui Pusdiklat TVRI mengadakan Workshop on Mobile Journalism di Yogyakarta selama satu pekan dari tanggal 23 hingga 27 September 2019.

Direktur Program dan Berita LPP TVRI,  Apni Jaya Putra membuka secara langsung pembukaan workshop MOJO yang bekerjasama dengan Asia Fasific Institute for Broadcasting Development - AIBD tersebut.

Dalam sambutannya, ia berpesan jurnalis TVRI haruslah adaptif dengan perkembangan teknologi. Menurutnya kedepan ia berharap paling tidak separuh dari Newsroom dan crew TVRI dapat mengaplikasikan MOJO dalam peliputan berita sehingga akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan, simple serta menggunakan SDM yang tidak begitu banyak.

" Saya minta TVRI Jogja dapat menjadi percontohan dalam hal penerapan MOJO, selain itu nanti produksi paket Pesona Indonesia yang menggunakan MOJO akan dilombakan juga pada GATRA" ujar Apni

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana AIBD - TVRI in house workshop on mobile Journalism, Ade Wandana menjelaskan workshop MOJO ini merupakan yang perdana yang dilakukan oleh Pusdiklat TVRI. Sebelumnya, tahun 2016 yang lalu SDM TVRI yang justru dikirim mengikuti pelatihan MOJO yang diadakan AIBD di Singapura.

Workshop MOJO ini dilaksanakan di hotel Grand Keisha, Yogyakarta diikuti oleh 21 peserta dari perwakilan sejumlah stasiun TVRI di Indonesia.

Adapun peserta Workshop MOJO ini diantaranya dari Direktorat Program dan Berita LPP TVRI ; M, Syafarudin Sulaiman, David Harun Soplanit, Rio Novianto, May Rara Amiaty, TVRI Jabar ; Muhammad Hilmir Azizi, TVRI Jateng ; Reza Pahlevi, TVRI Yogya ; Agus Hendri Kartika, Alfian Riffai, Oseani Ika Puspitasari, Zaenal Arifin, TVRI Jatim ; Cacoek Koencoro, TVRI Bali ; Ni Ketut Katreni, TVRI Sumut ; Lukman Hakim Sitorus, TVRI Sumsel ; Muzhar Apandi, TVRI NAD ; Ariel Kahhari, TVRI Kaltim ; I Made Kertayasa, TVRI Kalbar ; Muhammad Arman, TVRI Sulut ; Monica, TVRI Sulsel ; Andi Asri, TVRI Sulbar ; Rahmat Hanafi, TVRI DKI & Banten ; Budi Priya Atmadja.

Konsultan sekaligus instruktur pada workshop MOJO ini ialah Nabell Tirmizi  dari AIBD. Tak hanya menggunakan metode ceramah, peserta workshop diberikan peragaan langsung oleh instruktur sehingga dapat langsung dipraktekkan dan mudah dipahami. Peserta yang memenuhi syarat dan dinyatakan berhasil selama mengikuti workshop berlangsung akan mendapatkan sertifikat dari AIBD. (*)

Tidak ada komentar